Aming Coffee

Aming Coffee

FOPAD Kabupaten Melawi Komitmen Wujudkan Pilkada Damai ditengah Kerawanan Konflik

Melawi – Pemilihan Kepala Daerah akan berlangsung menghitung bilangan bulan. Tensi antar pendukung fanatik mulai terlihat di media sosial. Pro-kontra terjadi, tingkat kerawanan konflik menguat. Maka untuk mewujudkan keamanan dan keharmonisan pada momentum Pilkada serentak tahun 2024, khususnya di Kabupaten Melawi, organisasi Forum Pemuda Dayak (FOPAD) Kab. Melawi menggelar Deklarasi Pilkada Damai dengan tema “Mewujudkan Kamtibmas Kabupaten Melawi untuk Indonesia.”

Bertempat di salahsatu Hotel di Jl. Sidomulyo, Nanga Pinoh, Kab. Melawi. Dihadiri sekitar 100 peserta, termasuk Staf Ahli Bupati Melawi Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Daniel Sanoba, yang mewakili Bupati Melawi, Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi'i, S.I.K., S.H., M.H., LO Kodim 1205 Sintang, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), anggota DPRD Melawi, serta perwakilan partai politik, organisasi masyarakat, ormas keagamaan, mahasiswa, dan tokoh masyarakat Kab. Melawi.

Kapolres Melawi, AKBP Muhammad Syafi'i, S.I.K., S.H., M.H., mengapresiasi inisiatif FOPAD Kab. Melawi dalam menggagas Deklarasi Pilkada Damai ini. Ia berharap agar pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Melawi dapat berjalan dengan kondusif, lancar, berintegritas, dan harmonis.

"Kegiatan ini menunjukkan kepedulian kita semua untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan, merajut keharmonisan, dan kedamaian di seluruh elemen masyarakat, organisasi, serta pemerintahan," tuturnya (8/8/2024).

Ketua FOPAD Kab. Melawi, Saleh Tapa, menambahkan bahwa kegiatan ini sebagai wujud kesiapan masyarakat Kabupaten Melawi untuk menyukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024 secara aman, berintegritas, bermartabat, jujur, dan adil, tanpa adanya isu hoaks dan politisasi SARA.

"Masyarakat Kabupaten Melawi siap menyukseskan Pilkada dengan damai dan berintegritas," ujarnya.

FOPAD Kab. Melawi sangat peduli dengan pesta demokrasi yang akan datang. Agenda ini menjadi indikator bahwa masyarakat Kabupaten Melawi sepakat mempertahankan keharmonisan yang telah terjaga dengan baik, berisikan 5 poin pernyataan sikap dalam Deklarasi Pilkada Damai yang dibacakan oleh Ketua FOPAD Kab. Melawi, Saleh Tapa, diikuti oleh seluruh peserta yang hadir:

  1. Menjaga persaudaraan antar etnis dan agama demi keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Menyukseskan Pilkada Tahun 2024 yang aman, damai, bermartabat, jujur, adil, dan demokratis.
  3. Tunduk dan patuh pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di NKRI.
  4. Tidak menyebarkan isu politik adu domba, hoaks, ujaran kebencian, dan politisasi SARA.
  5. Menjadikan Pilkada Tahun 2024 sebagai sarana pendidikan demokrasi untuk mencerdaskan masyarakat.

 (Edi/tim liputan)


Editor: Halo Pontianak 

Posting Komentar

0 Komentar