Aming Coffee

Aming Coffee

Sharing Session Dasar-dasar Jurnalistik, Mahasiswa Ilmu Politik bersama Praktisi Media Sosial

Sharing Session Dasar-dasar Jurnalistik [Foto: Hansen]

Pontianak - Mahasiswa Ilmu Politik FISIP UNTAN melalui mata kuliah Komunikasi Politik, diinisiasi oleh Dosen Pengampu, Firdaus, S.IP, M.Sos., menghadirkan narasumber, Danyputra, Eks. Jurnalis Kompas TV Pontianak periode 2013 - 2015. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Kuliah Bersama A Universitas Tanjungpura Pontianak, Kamis (2/3/2023). Mahasiswa dipertemukan langsung dengan praktisi jurnalistik membahas “Cara membuat Berita di Media sampai Terbit”. 

Perkuliahan tersebut dihadiri sekitar 50-an mahasiswa yang dengan antusias menyimak materi. Dany mengatakan, media memiliki peran sebagai informasi faktual yang berdasarkan data yang konkrit, merujuk kepada sumber terpercaya.

“Sebagai mahasiswa ilmu politik, sudah seharusnya bisa membedakan mana berita sungguhan dan mana kabar hoax. Selain disertai dengan data, realita, potret berita ideal mesti tak berlawanan dengan logika,” ungkap pria bermarga Chaniago.

Disisi lain, Firdaus, S.IP, M.Sos., mengharapkan setelah usai pembelajaran, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan menulis terutama dalam memerhatikan isu-isu politik.

“Manfaat menghadirkan dosen tamu ini sangat erat kaitannya dengan mata kuliah komunikasi politik, sebagaimana program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Harapannya, hasil kuliah ini mahasiswa mampu menulis berdasarkan fenomena politik terkini, sehingga layak terbit di Media Online,” katanya.

“Maka dari itu, kedepannya mahasiswa yang hadir dalam kelas sudah siap untuk menganalisis media informasi secara akurat, memberikan efek yang baik, serta berpeluang untuk magang di kantor berita online”, tegas lulusan Universitas Diponegoro.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa, Hernandes Tino Raut berpendapat, materi jurnalistik yang dibagikan oleh Dany, memberikan inspirasi, menghangatkan suasana perkuliahan, serta menjadi kesempatan menyerap ilmu baru. 

“Tentunya bersyukur dapat mengikuti kelas ini karena gaya belajar-mengajar yang tidak monoton, sangat mudah dimengerti oleh mahasiswa. Lebih lagi, peserta didik ditantang praktik langsung keterampilan menulis berdasarkan tips dan trik dasar yang telah dipaparkan pemateri” tuturnya.


Penulis: Mahasiswa Ilmu Politik FISIP UNTAN
Editor : Redaksi

Posting Komentar

0 Komentar