Aming Coffee

Aming Coffee

Kukuhkan DPD dan DPC Gebu Minang Kalbar, OSO Klaim Siap Bela Warga Minangkabau

Kukuhkan DPD Gebu Minang Kalbar, OSO Klaim Siap Bela Warga Minangkabau
Oesman Sapta Odang (OSO) dalam Sambutan Pengukuhan
DPD & DPC Gebu Minang Kalbar

Sanggau - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (DPP Gebu Minang) Oesman Sapta Odang (OSO) dalam sambutannya menyampaikan sejarah singkat terkait keterikatannya dengan Sumatera Barat. Dirinya menyebut, keturunan Minang didapatkan melalui jalur Ibu dari salahsatu perkampungan kecil disana dan memiliki seorang Kakek Pejuang Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Datuk saya bergerilya melakukan perlawanan sengit kepada Belanda di tanah asalnya, lalu diasingkan ke Kalimantan Barat, namun disini dia tak mengendurkan semangat tempur setitikpun, hingga akhirnya gugur terhormat dimedan perang akibat dieksekusi penjajah", tukasnya. 

Dengan semangat menyala, Datuk Bandaro Sutan Nan Kayo berusaha mencontohkan perjalanan hidupnya meraih kesuksesan, sempat mengalami masa-masa sulit, dimana usia 16 tahun sudah terbiasa mencari sesuap nasi sendiri, setelah ditingal Sang Kakek, Ayahnya pun menghadap Tuhan. Semasa belia, ia memutuskan merantau ke Pontianak mencari peruntungan nasib di Pelabuhan.      

"Apa yang saya peroleh sekarang tentunya tidak mudah. Berbekal mental warisan leluhur, Saya nekat berjualan kopi di Pelabuhan. Disitulah saya bertemu Pak Sutarmidji, Gubernur kita, sebab dulu beliau menjajakan koran setiap hari di lokasi yang sama. Artinya persahabatan kami telah terjalin lama dan dimulai keadaan terbawah".

Lanjut tokoh kebanggaan Kalbar, spirit baja urang awak sudah sepatutnya diapresiasi, sebab disamping gigihnya upaya mereka berniaga, tertanam filosofi hidup "dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung" (dima bumi dipijak, di sinan langik dijunjuang), alhasil melalui nilai positif ini, warga Minangkabau dimanapun tempat rantauan, dinilai mampu hidup berdampingan dengan beragam etnis, kendati masih memunculkan sedikit persoalan disektor bisnis.

"Diaspora suku minang ke berbagai daerah di nusantara, tidak pernah menimbulkan konflik horizontal khususnya fisik, namun secara internal urang awak sulit diatur, khususnya dalam menghadapi persaingan dagang. Tapi tidak apa, selagi masih taraf wajar, saya siap membela untuk itu", jelasnya.  

Dalam lawatannya ke Kabupaten Sanggau, Oesman Sapta mengukuhkan Pengurus DPD Gebu Minang Kalimantan Barat dan DPC Gebu Minang Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Barat di Gedung Balai Betomu, sabtu (12/8) malam. Diharapkan perhimpunan ini kedepan semakin berkembang luas, terutama membantu Pemerintah membangun Ekonomi serta berkolaborasi dengan berbagai organisasi etnis, guna menciptakan keharmonisan dan mempererat persatuan, diantaranya menggelar serangkaian giat adat-istiadat bersama-sama. (mel/da)

Penulis: Amelina

Editor: Danyputra

Foto: Istimewa

Posting Komentar

0 Komentar