Aming Coffee

Aming Coffee

Sosialisasi BPJS Pontianak: Tingkatkan Mutu Pelayanan JKN Mobile & PANDAWA


Sosialisasi BPJS Pontianak
Sosialisasi BPJS bersama Komunitas Forum Blogger Pontianak 
Pontianak - Selasa 06 Juni 2023, BPJS mengadakan Sosialisasi Temu Peserta Program JKN dengan Tema "Sinergi Program JKN Bersama Komunitas" bersama Komunitas Forum (Buda') Blogger Pontianak di Invest Coffe atau Kafe Invest, Jalan Sulawesi No. 52, Kelurahan Akcaya Kecamatan Pontianak Selatan, Selasa (06/06). 

Sosialisasi dihadiri oleh Kepala Cabang BPJS Pontianak, Ibu Desvita Yanni, S.E, M.M., Ridho Bhakti sebagai Kepala Bagian Mutu Layanan Kepesertaan, dan Dimas Akbar Ardinta sebagai Supervisor Pelayanan Kepesertaan, dan Peserta dari Komunitas Forum Blogger Pontianak. Peserta yang hadir sekitar 19 orang. Teman-teman dari Blogger ini sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ini dari jam 15.00 sampai jam 17.30 sore.

Kegiatan sosialisasi ini tidak bersifat formal atau konsepnya Ngobrol Santai. Rangkaian Kegiatan Sosialisasi BJPS di Cafe Invest tersebut dimulai dari Pemberian Kata Sambutan, Penyampaian Materi, Tanya-Jawab, dan Kuis. Terakhir, Foto Bersama Komunitas Forum Blogger Pontianak.

Pertama, Bu Desvita Yanni Selaku Kepala Cabang BPJS Pontianak menyampaikan materi yang bertema "Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Peningkatan Informasi Layanan Kesehatan". Beliau menjelaskan bahwa Badan Penyelenggara Jaminan sosial (BPJS) berupaya semaksimal mungkin dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Salah satunya pelayanan non tatap muka (online) melalui berbagai  inovasi yang telah dikemas dengan rapi dan modern. Salah satunya lewat aplikasi yang sering digunakan kalangan masyarakat yaitu aplikasi WhatsApp dengan meluncurkan layanan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA).


Sosialisasi Program JKN BPJS Pontianak 

Bu Desvita Yanni sedang menyampaikan Materi Sosialisasi BPJS

Adanya peningkatan layanan administrasi melalui media online yaitu WhatsApp (WA)  diharapkan nantinya untuk mempermudah pengguna mengakses pelayanan kesehatan. 

Adapun layanan yang dapat diakses oleh peserta melalui PANDAWA dan Mobile JKN  adalah berupa pendaftaran JKN-KIS baru, tambah anggota keluarga, daftar bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, mengubah fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), melakukan penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, pembayaran penunggakkan iuran BPJS yakni tanggal 10 batas waktu pembayaran iuran JKN-KIS, serta pengaktifan kembali JKN-KIS.

Diharapkan melalui laman layanan tersebut, peserta bisa mendapatkan hak serta kemudahan layanan yang terbaik. Setelah Penyampaian Materi oleh Kepala Cabang BPJS Pontianak, Bu Desvita Yanni. Selanjutnya, kedua diadakan Sesi Tanya-Jawab. Peserta yang hadir dari Komunitas Forum Blogger sangat antusias mengikuti Sosialisasi dari BPJS ini. Ada 8 orang yang bertanya yakni teman-teman yang mengikuti Sosialisasi BPJS dari awal hingga akhir.


Teman-teman Forum Blogger Pontianak sedang mengikuti Sosialisasi BPJS dengan serius dan sangat antusias 

Teman-teman yang bertanya yaitu; 1. Bang Rio: Apakah ada penghapusan kelas  kamar BPJS di rumah sakit, jika belum ada kepastian?; 2. Kak Mardhiyah Harahap: Bagaimana status BPJS suami saya yang berasal dari negara asing, apakah bisa dipakai?; 3. Mbak Vivi: Apakah boleh mewariskan BPJS kepada Saya dari Nenek Saya?; 4. Mas Arief: Bagaimana cara mengaktifkan untuk karyawan yang sudah di PHK yang tidak ditanggung BPJS lagi, akun yang sudah lama mati dan tidak bisa dibuka?; 5. Bang Edo: Bagaimana pelayanan BPJS mengenai pelayanan pada Program JKN yang sudah tidak berlaku penggunaan untuk karyawan atau pengguna. Apakah masih bisa mencicil atau pelunasan?; 6. Bang Ryan: Bagaimana solusi jika ada mahasiswa atau para pekerja/karyawan yang tidak menggunakan BPJS, tetapi dia harus berobat mendapatkan pelayanan dari rumah sakit. Apalagi jika berobat di klinik, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal dari BPJS? dan 7. Mba Lola: Bagaimana jika ada penunggakan BPJS, karna saya punya BPJS sudah tidak aktif nunggak 4 tahun?



Bang Rio sedang bertanya tentang Pelayanan BPJS



Bang Ryan sedang bertanya tentang Pelayanan BPJS


Setelah teman-teman bertanya, Kabid Mutu Layanan Kepesertaan, Bang Ridho Bakti dari Pegawai BPJS itu menjawab bahwa jika ada karyawan yang sudah di PHK, dia tidak ditanggung oleh perusahaan lagi. Akan tetapi, dia bisa bikin sendiri BPJS-nya melalui PBPU/BP, adapula Program PBI JK.

Mas Dimas Akbar Ardinta sebagai Supervisor Pelayanan Kepesertaan tersebut menjawab bahwa intinya Akun BPJS-nya harus diaktifkan lagi, Kartu BPJS-nya supaya bisa digunakan kembali, "Jadi intinya, Akun BPJS-nya harus diaktifkan lagi guna memakai kartu tersebut bagi peserta pengguna yang sedang sakit untuk kebutuhan berobat. Peserta itu menjadi pasien yang membutuhkan perawatan, tergantung kondisinya, ada 2 pilihan yaitu rawat jalan dan rawat inap. Misalnya, jika mendapat rawat inap, peserta akan memesan kamar, ada Kelas 1, Kelas 2, dan Kelas 3 untuk mendapatkan rawat inap di rumah sakit, sebelum mendapatkan layanan kesehatan dengan semaksimal mungkin.

Program Jaminan Kesehatan (JKN) merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang ke yang meliputi pemeriksaan kesehatan, perawatan rawat jalan, rawat inap, persalinan, obat-obatan, dan tindakan medis lainnya. 

Dengan adanya Program Jaminan Kesehatan (JKN) melalui JKN-KIS, diharapkan Penduduk Indonesia dapat memperoleh akses kesehatan yang lebih merata, perlindungan finansial, dan pencegahan penyakit yang lebih baik. Program Sosialisasi JKN-KIS bersama Blogger di Kafe Invest Pontianak ini merupakan langkah nyata dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

Setelah kegiatan sosialisasi selesai, dilanjutkan Kuis via Quizizz dan Isi Quistioner Efektivitas Sosialisasi dengan Sesi Foto Bersama dan Pembagian Tas dan Souvenir yakni berupa Gelas BPJS dan Konsumsi Nasi Kotak dan Lauk Daging Wijen dan Nuget  Ayam Kuliner Khas Jepang untuk Teman-teman Komunitas Forum Blogger Pontianak (Aml/Wda).


Pemberian Hadiah atau Souvenir kepada Peserta yang menang Kuis yakni Mas Arief, Bang Azmi, dan Bang Tyo 



Peserta Sosialisasi BPJS yakni Teman-teman, ada Ketua Kak Lola Prianti, Bang Rio, dan Anggota Kak Widia Asari Chaniago dari Komunitas Forum Blogger Pontianak 

Penulis.   :   Amelina
Editor      :   Widia Permatasari 
Tim Foto :   Redaksi 



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Assalamu'alaikum wr wb. salam sukses dan salam kenal semua. Perkenalkan nama saya amelina. Tertarik untuk belajar menulis.

    BalasHapus