Aming Coffee

Aming Coffee

Unsur-Unsur Penting dalam Penulisan Karya Jurnalistik yang Sering Dilupakan

Unsur-Unsur Penting dalam Penulisan Karya Jurnalistik yang Sering Dilupakan

Pontianak - Membuat berita di media masa merupakan suatu kegiatan yang membutuhkan ketelitian dan keahlian dalam menulis. Banyak aspek penting mulai dari syarat penulisan berita maupun  hal-hal terkait. Sehubungan persoalan inilah, Firdaus, S. IP., M. Sos., selaku Dosen Pengampu mata kuliah Komunikasi Politik menghadirkan secara langsung pemateri yang  dinilai mumpuni dibidangnya.

Ialah Danyputra,  Eks. Wartawan yang ikut menjuarai lomba buletin berita terbaik Kalbar, sewaktu menjadi bagian dari Tim Kompas TV Pontianak tahun 2015, kemudian secara individu, pernah memeroleh Juara III lomba Essay Ilmiah tingkat D.I. Yogyakarta tahun 2018.

Pria lulusan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu dan pengalamannya kepada 50 mahasiswa Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura, Kamis (2/3). Dalam ruang pertemuan kala itu, dia menyampaikan materi mengenai "Cara Membuat Berita di Media Masa sampai Terbit".

“Unsur-unsur  yang harus diperhatikan dalam penulisan berita dan sering dilupakan, yaitu 5W+1H (What, Who, Where, Why, When, dan How), disamping harus realistis, tidak provokatif, dan tidak mengandung mis-informasi (hoax). Hal ini bertujuan agar berita yang diekspos lebih luwes, terarah dipahami oleh khalayak ramai”, jelas Dany. 

Kedepannya diharapkan akan lahir banyak jurnalis lulusan FISIP Universitas Tanjungpura Pontianak, tampil sebagai penyaji berita berkualitas, tak terkecuali dalam bidang politik, guna meningkatkan literasi audiens yang sudah barang tentu mengedepankan sikap independen.


Penulis : Meilina Atana
Editor : Tim Redaksi

Posting Komentar

0 Komentar