Aming Coffee

Aming Coffee

Bersama UNTAN Membangun Negeri, Jelajah Dunia bareng Puteri Indonesia yang Smart dan Cantik ini

foto: rizkaedmanda.com/untan.ac.id
Bersama UNTAN Membangun Negeri. Bicara soal Pontianak, Kota 1001 parit ini bukan hanya dikenal sebagai wisata ngopi-nya. Ada banyak hal menarik lain yang bisa ditemui, salahsatunya kampus yang notabene paling classy dan ternama di Kalimantan Barat, kendati tak sementereng Universitas Indonesia atau Universitas Gadjah Mada. Kampus tersebut bernama Universitas Tanjungpura, atau lebih familiar disebut Untan.

Terletak di poros kota, tepatnya di kawasan bundaran digulist, lembaga pendidikan tinggi ini telah berkibar hampir 5 dekade lamanya. Ribuan alumni pun berhasil diluluskan, bahkan diantaranya sukses menembus dunia luar. Selain itu, lahir pula tokoh-tokoh publik yang dikenal memberikan pengaruh cukup signifikan bagi kemajuan daerah-negara pada umumnya. Diantara publik figur termaksud adalah Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA., Prof. Dr. Aswandi, Dr. Sukmawati, Dr. Eni Rosnija, M. Hum., dan masih banyak lagi.

Beralih ke generasi muda pra-jaman now, terdapat salahsatu jebolan Universitas Tanjungpura yang memiliki prestasi gemilang dan boleh dikatakan membanggakan. Rizka Edmanda, ibu muda lulusan Fakultas Hukum Untan sukses membuktikan diri mampu berkiprah di dunia nasional sampai internasional melalui karya-karya maupun aksi nyata-nya.

Saat bertemu penulis beberapa waktu lalu, perempuan yang mahir berbahasa inggris beserta rekan-rekannya berhasil membuat sebuah aplikasi playstore KAKI (Komik Anti Korupsi), yang diformat dalam bentuk permainan ulartangga. Ilustrasi dari gim ini, setiap pemain yang melewati jebakan korupsi, maka berhak jadi pemenang. Sebaliknya, jika gagal dan masuk jebakan, maka si pemain harus turun lagi ke box terbawah.

"Pada dasarnya, aplikasi game anti rasuah bertujuan mengedukasi anak-anak agar tidak berlaku korup di masa mendatang," terang wanita berpostur tinggi.

Atas kerja keras Rizka dan beberapa orang temannya, buah kreatifitas yang dibuat melalui riset yang cukup panjang dibawa sebagai modal bertualang ke luar negeri, guna bertukar pengetahuan dan kebudayaan di Kochi University, Jepang. Di negeri matahari terbit, KAKI direspon positif oleh mahasiswa dan dosen setempat, serta menjadi representasi inovasi berbasis teknologi di Indonesia.

"Alhamdulillah, tentunya ini keberhasilan bersama, bukan pribadi ataupun kelompok tertentu. Ini prestasi Untan," ucapnya.

Sebagaimana dilansir blog pribadinya, di Tahun 2011 Rizka masuk dalam jajaran Finalis Puteri Pariwisata. Berlanjut di tahun 2014, Rizka kembali mewakili Provinsi Kalimantan Barat pada ajang Puteri Indonesia 2014 dan memenangkan mahkota Puteri Favorit. Prestasi ini tak hanya memberinya banyak pengalaman berharga dalam hidup, akan tetapi turut memberinya banyak kesempatan untuk berbicara di hadapan publik, di media massa bahkan pada beberapa program televisi untuk beragam tema khususnya mengenai isu-isu perempuan, beauty, lingkungan, personal development, branding image, kewirausahaan, penulisan dan lain sebagainya.

Bagaimana menurut netter, siap berbagi pengetahuan dan menjelajah dunia bersama puteri yang smart dan cantik? mendaftar sebagai mahasiswa Untan mungkin bisa dijadikan solusi pembuka.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Wow... job review nih... Connectnye langsung ke halaman Business Enquires :-D

    BalasHapus