Aming Coffee

Aming Coffee

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia. Indonesia memiliki aneka tempat wisata yang eksotis dan mengundang daya tarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Bali, Lombok, Papua, D.I Jogjakarta, menjadi destinasi favorit dengan ciri khas masing-masing. Namun ternyata, terdapat satu kota yang juga tak kalah menarik di bumi pertiwi. Kota tersebut bernama Pontianak.

Bagi yang merasa jenuh dengan wisata alam seperti pegunungan, laut, ataupun lepas pantai, tak ada salahnya melirik Kota Pontianak sebagai tujuan jelajah dimensi baru. Mengenal Pontianak mungkin sebagian kita sudah tidak asing dengan Tugu Khatulistiwa, ataupun Taman Alun Kapuas. Diluar itu, dalam berita terbaru berikut kami rangkum 7 lokasi wisata di Kota Pontianak yang sayang untuk dilewatkan.

1. Warung Kopi
Dokumentasi De Kupi
Telah mentradisi sejak lama, Pontianak ternobat sebagai Kota Ngopi. Meskipun tak memproduksi kopi secara massal, Pontianak dikenal dengan budaya nongkrong di warung kopi.

Banyak yang dibahas saat orang berkumpul sambil menikmati secangkir kopi, mulai dari bercengkerama, menyambung silaturahmi, sampai urusan bisnis. Tak peduli tua ataupun muda, mereka selalu asyik menghabiskan waktu bersama seakan tak mengenal waktu.

Siapa pun yang menyambangi Pontianak, direkomendasikan untuk bersantai dengan cara "Ngopi" ini. Di berbagai penjuru Kota Khatulistiwa, kita dapat dengan mudah menjumpai Warung Kopi, seperti A Siang di Jalan Gajahmada Pontianak Selatan, atau De Kupi yang terletak di Jalan Putri Candramidi Pontianak Kota.

Tidak hanya itu, Coffe Shop alias tempat ngopi modern juga sudah mulai menjamur. Misalnya saja Bandar Muzakki di Jalan Alianyang Pontianak Kota, Stelsel di Jalan Dr. Sutomo Pontianak Kota, Segitiga Coffee di Jalan Karya Baru Pontianak Selatan, dan masih banyak lagi.

2. Masjid Raya Mujahidin
halopontianak.net



Masjid termegah di Kalimantan Barat ini, menawarkan kenyamanan bagi pewisata. Arsitekturnya yang indah, kombinasi Mesir dan Turki, sangat cocok untuk dikunjungi. Pengunjung juga dapat mengabadikan momen berharga bersama keluarga, maupun pasangan dari berbagai sudut.

Teruntuk muslim, disamping menikmati kecantikannya, juga bisa meraih kemanfaatan ruhani. Selain salat berjamaah lima waktu yang pasti dilakukan, masjid ini memiliki program kajian keislaman rutin setiap harinya. Lantas bagaimana untuk non-muslim? tetap bisa mengakses Masjid Kebanggaan Kota Pontianak ini, kecuali di area Ibadah.

Masjid ini mampu menampung sekitar 3000 jamaah, dilengkapi Aula Serbaguna untuk berbagai kegiatan positif. Sarana ini semakin ciamik karena dilengkapi kecanggihan multimedianya, seperti Radio Mujahidin 105.8 FM, M2TV, serta m2tvradio.com.

3. Gereja Katedral
homestaypontianak.wordpress.com
Masih dengan tema reliji, Gereja Katedral Santo Yoseph ini menahbiskan Kota Pontianak sebagai kota wisata paling menarik di Indonesia. Diresmikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, tahun 2014 lalu, secara terbuka Gereja ini boleh dikunjungi oleh siapapun. Bangunan megah ala Konstantin Roma berdiri gagah dilihat dari kejauhan. Saat masuk ke dalam, pengunjung akan dikejutkan dengan ornamennya yang menyihir mata. Karena kemegahannya, tak heran jika tempat ibadah umat kristiani ini memiliki daya tarik wisata tersendiri.

Berjarak kurang lebih 25 kilometer dari Bandara Supadio, Gereja ini relatif mudah ditemukan karena letaknya yang berdekatan dengan pusat kota. Jika bingung terkait rute menuju lokasi, pengunjung bisa menggunakan jasa tour guide, atau meminta bantuan kerabat dan sanak saudara yang berdomisili di Pontianak. Alternatif lain, menggunakan Google Map.   
   
4. PSP
travel.detik.com

Berkunjung ke tempat wisata tentu tidak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan alias oleh-oleh. Di Kawasan Jalan Pattimura Pontianak Kota, kita akan menjumpai pusat oleh-oleh khas bumi khatulistiwa. Setelah puas menikmati wisata warung kopi, masjid raya mujahidin, gereja katedral, serta tempat menarik lainnya, jangan sampai lupa membawa sesuatu, baik untuk koleksi pribadi maupun sebagai hadiah kepada keluarga, sahabat, dan rekan kerja.

Di PSP ini, terdapat sedikitnya 30 Kios yang menyediakan aneka makanan khas, aksesoris, serta cinderamata. Minuman kemasan aloe vera (lidah buaya), lempok (dodol) durian, kerajinan tugu khatulistiwa dan manik-manik, adalah sebagian kecil diantara oleh-oleh yang mudah dijumpai. Lokasinya yang berada di pusat keramaian, menjadikan PSP tak hanya sebagai tempat jajanan, secara bersamaan lokasi yang dulu dikenal dengan nama "Keboen Sajoek" ini menjadi opsi wisata.

Dalam waktu tertentu (jikalau beruntung), pengunjung yang menyinggahi PSP bisa menghibur diri dengan masuk ke dalam stadion. Di belakang kios, terdapat salah satu arena sepakbola kebanggaan Pontianak. Pertandingan olahraga terfavorit di dunia ini pun kerap diadakan, dari derbi lokal hingga nasional.
stefanusakim.blogspot.com

Sedikit cemilan yang dibeli dari kios dapat dinikmati sambil menyaksikan pertandingan tim kesayangan, Persipon Pontianak, penduduk lokal menggelarinya Elang Khatulistiwa. Namun disayangkan, klub sepakbola kebanggaan masyarakat kota pontianak, kini statusnya dibekukan.

5. Makam Kesultanan Pontianak
travellingyuk.com
Dengan jarak tempuh sekira 30 menit dari pusat kota, Makam Kesultanan Pontianak menjadi salah satu objek wisata berkandung nilai sejarah tinggi. Disinilah pendiri Kota Pontianak, Sultan Syarif Abdurrahman al-Kadrie beserta anak turunannya disemayamkan. Selain peziarah, makam ini juga sering dikunjungi oleh para pelancong.

Di seberang makam, kita dapat melihat pulau kecil yang berada persisi di tengah sungai kapuas. Pulau kecil tak berpenghuni tersebut dinamai Batu Layang. Sambil menikmati keajaiban alam, wisatawan dapat bersantai di warung-warung kecil, yang menyediakan makanan ringan dan minuman dengan harga yang relatif terjangkau.

Berada di wilayah Pontianak Utara, Makam Kesultanan ini juga terkait dengan masjid tertua di kota pontianak, yakni Masjid Jami' Sultan Syarif Abdurrahman, dan Istana Kadriah yang terletak di Pontianak Timur, dan tak kalah menarik untuk dikunjungi.

6. Banjar Serasan
ssl.panoramio.com
Banjar Serasan merupakan salah satu kelurahan di Pontianak Timur. Bernama demikian karena konon kawasan ini didirikan oleh H. Abdul Kahfi asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada tahun 1846 silam.

Di sebuah perkampungan Banjar Serasan, terdapat sejumlah cafe terapung yang menawarkan pemandangan pesisir sungai yang indah. Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan jembatan kapuas dari kejauhan, sangat ideal terutama bagi para pembidik gambar.

Suasana travelling pun kian menyenangkan, karena Serasan ini dikenal dengan masyarakatnya yang ramah. Potret kehidupan masyarakat pesisir terlihat jelas saat menelusuri tempat ini. 

Tak cukup sampai disitu, pengunjung juga bisa menyusuri sungai kapuas menggunakan kapal motor air, atau yang biasa disebut galaherang. Dengan tarif 10 ribu rupiah per orang, traveller dibawa 'mengarungi' sungai selama 30 menit. 

7. Aloe Vera Center
wisatamu.com




Pontianak demikian identik dengan budidaya aloe vera (lidah buaya)-nya. Jika ingin mengetahui bagaimana tanaman ini dikembangkan, maka tak ada salahnya jika berkunjung ke Aloe Vera Center. Berjarak kurang-lebih 8-9 kilometer dari pusat kota, di tempat ini juga terdapat Orchid Center, yakni pusat pembudidayaan aneka ragam anggrek, salah satunya anggrek hitam yang sudah mulai langka.

Minuman kemasan Aloe Vera yang kita jumpai di PSP, merupakan hasil dari pengembangan dari tempat ini. Dikemas dan diproduksi secara higienis, tanaman yang memiliki banyak khasiat diawasi langsung oleh Pemerintah Kota Pontianak, serta berkolaborasi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Propinsi Kalimantan Barat.

Karena keunikannya, agrowisata yang terletak di Siantan Hulu Pontianak Utara ini sering dikunjungi oleh peneliti dari dalam maupun luar negeri. Disamping tak luput perhatian media dari berbagai frekuensi di Indonesia bahkan dunia.

Informasi terkini seputar 7 destinasi wisata diatas, mungkin pantas menobatkan Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia. Siapapun yang datang pasti akan langsung jatuh cinta. "Awak datang kamek sambot" (Anda Datang Kami Sambut). Penasaran? Silahkan mencoba!

*Tulisan ini  diikutsertakan dalam lomba mini SEO blogger Pontianak, yang disponsori oleh:
The Warna Indonesia
Rental Mobil Pontianak
Roti Kap Khas Pontianak
Produk Oriflame @onlinekatalog

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Mantap. Pontianak kota ngopi.

    Numpang lapak gan. Haha.

    http://www.leemindo.com/2016/09/pontianak-kota-wisata-paling-menarik-di-indonesia.html

    BalasHapus
  2. PSP, cocok buat nyari oleh oleh dan surga cemilan buat yang pengen buah tangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. umm...yummy.. jalan jalan seru deh pokoknya... We Love Pontianak

      Hapus