Aming Coffee

Aming Coffee

7 Objek Wisata ini Diberkati Karena Keindahan Alamnya. Bagaimana dengan Pontianak?

halopontianak - Indonesia dikenal dengan negara kepulauan dimana terpapar dari sabang sampai merauke pulau-pulau indah, dan beberapa diantaranya menjadi objek wisata yang dikenal hingga seluruh penjuru dunia. Dari sekian banyak, sedikitnya ada 7 objek wisata di Indonesia yang diberkati karena keindahan alamnya.
 
1. Pulau Komodo
Picture : Istimewa

Pulau ini sejak 1986 telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Adalah sangat wajar karena pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara ini memiliki aneka spesies yang tidak terdapat di tempat lain, salah satunya adalah kadal raksasa atau komodo.

Keindahan pulau yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur ini sudah tidak diragukan lagi. Selain hamparan pantai yang luas dan indah, pemandangan bawah lautnya juga tak kalah menakjubkan.

Setiap tahun, turis asing maupun lokal berbondong-bondong berwisata ke pulau ini. Sehingga Pulau Komodo sengat tepat ditetapkan sebagai salah satu objek wisata terbaik di tanah air.


2. Raja Ampat

Picture : Startholiday
Tidak diragukan tempat yang satu ini merupakan surga bagi traveler, terutama bagi yang ingin menikmati pemandangan di bawah air. Perairan Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu diantara 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. 

Beberapa spesies unik bisa dijumpai saat menyelam, seperti kuda laut katai, wobbegong, dan ikan pari Manta. Di dalam laut juga terdapat ikan endemik raja ampat, yakni Eviota raja, atau sejenis ikan gobbie.menerobos kumpulan ikan.

3. Gili Air

Gili Air merupakan salah satu dari tiga pulau gili terkenal di Lombok, yaitu Gili Trawangan, dan Gili Meno. Ketiga pulau ini memiliki keindahan pantai yang nyaris tak tertandingi. Alhasil Gili Air termasuk salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Di tempat ini, wisatawan dimanjakan dengan menikmati keanekaragaman hayati laut Indonesia, seperti spot kuda laut, kura-kura, aneka ragam ikan. 

Karena diberkati keindahan alam yang luar biasa, maka tak heran sebagian besar pengunjung GIli Air merupakan wisatawan mancanegara, seperti dari negara Inggris, Prancis, Australia, Belanda, Italia, dll.

4. Pulau Derawan
Picture : Istimewa

Secara geografis, Pulau Derawan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Terberkati keindahan alam, pulau eksotik ini termasuk salah satu situs warisan dunia.

Bagi penggemar wisata bawah laut, Pulau ini sangat tepat untuk dijadikan referensi wisata. Dalam ekspedisi penyelaman, travelers dapat menjumpai aneka ragam biota laut, seperti cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes).

Selain itu, pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai "Blue Trigger Wall" karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes).


5. Taman Nasional Bunaken
Picture : Istimewa
Taman Nasional Bunaken merupakan taman laut yang terkenal di nusantara. Terletak di Sulawesi Utara, Taman ini menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. 

Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991 dengan keluasan 890.65 km². 97% dari taman nasional ini merupakan habitat laut, sementara 3% sisanya merupakan daratan, serta meliputi lima pulau, seperti Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.

Tidak dapat dipungkiri, Taman Nasional Bunaken memiliki khazanah flora dan fauna yang begitu kaya. Di daratan, pulau ini kaya akan Arecaceae, sagu, woka, silar dan kelapa. Selain itu, Taman Nasional Bunaken juga memiliki spesies hewan yang tinggal di daratan, seperti rusa dan kuskus. Hutan mangrove di taman ini menjadi habitat bagi kepiting, lobster, moluska dan burung laut. Dianugerahi keindahan alam, objek wisata ini dikunjungi puluhan ribu turis setiap tahunnya.

6. Pantai Kuta Bali
Picture : Istimewa
Mendengar Bali, ingatan tertuju ke salah satu objek wisatanya yang terkenal hingga ke penjuru dunia, yakni Pantai Kuta. Tempai ini menjadi tujuan  khususnya para turis penggila olahraga selancar.  

Selain keindahan pantai, Pantai Kuta juga menawarkan berbagai jenis hiburan seperti bar, restoran, pertokoan, restoran, hotel, dan toko-toko kelontong, serta pedagang kaki lima di sepanjang pantai menuju pantai Legian. Namun belakangan, seiring tumpah-ruahnya pengunjung dari berbagai negara, tumpukan sampah mengurangi nilai eksotik dari pantai yang dapat ditempuh 10 menit dari bandara Ngurah Rai ini.

7. Candi Borobudur
Picture : Istimewa



Selain pantai maupun keajaiban panorama bawah laut, indonesia juga terberkati oleh adanya objek wisata legendaris, yang tidak hanya menyajikan keindahan alam, melainkan memiliki nilai sejarah, seperti Candi Borobudur.

Terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.  

Hingga saat ini, candi borobudur telah beberapa kali dipugar. Karena nilainya yang begitu tinggi dan tidak ditemukan di tempat lain, objek wisata ini telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan duniav oleh UNESCO.

Jika ketujuh destinasi wisata tersebut diberkati karena keindahan alamnya, bagaimana dengan Kota Pontianak?

Diakui Ibukota Borneo Barat tidak memiliki pantai, pegunungan, ataupun taman laut. Kendati demikian, berarti Pontianak tak layak dijadikan tempat berekreasi alias berwisata. Dengan berkunjung ke sini, maka wisata yang ditawarkan adalah Warung Kopi.
halopontianak.net

Sedikitnya terdapat 2000 warung kopi di Kota yang didirikan oleh Sultan Syarif Abdurrahman ini. Selain itu keramahan warganya, membawa setiap pengunjung dapat menikmati suasana kota, sambil meminum secangkir kopi. 

Ketika berkunjung ke Pontianak, Ngopi sangat sayang untuk dilewatkan, mengingat model wisata semacam ini tidak ditemukan di tempat lain, kecuali beberapa wilayah di Pulau Sumatera seperti Aceh, ataupun Bangka-Belitung, namun tak semeriah kota persemakmuran Belanda ini. 

Posting Komentar

0 Komentar