Aming Coffee

Aming Coffee

Olahraga Tradisional Asli Kalbar ini Sudah Sangat Jarang Dimainkan dan Terancam Punah

halopontianak.net
halopontianak - Olahraga tradisional bernilai seni tinggi, landenk nyaris punah. Perkembangan teknologi diklaim menjadi penyebab mulai hilangnya tradisi permainan ini. Landenk diyakini berasal dari Singkawang Timur, Kalimantan Barat.

Karena sudah sangat jarang dimainkan, olahraga landeng ini coba diangkat kembali oleh warga setempat.

“Hampir terancam punah oleh sebab itu diangkat kembali,” ujar Sudiadi, selaku narator dan pengarah permainan.

Model permainan tradisional ini dibuka dengan tarian khas dayak, diikuti paduan alat musik gendang, gong, dan sape’. Aturan dan tatacara permainan landenk cukup mudah, pemain dibagi menjadi dua regu, dengan lima orang untuk setiap regunya.

Para pemain dituntut untuk mencapai lumbung padi hingga mencapai garis finish. Berbagai tantangan pun harus dihadapi, seperti menginjak bambu sambil bergerak menuju lumbung padi, menaiki bambu setinggi tiga meter. Permainan diakhiri dengan memasukkan padi ke dalam lumbung oleh salah seorang pemain. Regu tercepat menyelesaikan permainan dinyatakan sebagai pemenang.

Sejatinya belum diketahui secara pasti kapan permainan tradisional ini diciptakan. Namun diakui Sudiadi, permainan yang memiliki nilai budaya dan kearifan lokal ini dinilai patut dilestarikan.

“Dahulu orang mengangkat padi dengan alat-alat sederhana ini. Sekarang sudah menggunakan sepeda motor. Permainan landenk ini patut dilestarikan sebagai khazanah budaya,” tutupnya.

Posting Komentar

0 Komentar