Aming Coffee

Aming Coffee

Tugu Khatulistiwa Simbol Pontianak Kota Bersinar. Bagaimana dengan Tugu Digulist?

sumber gambar : tyas-website.blogspot.com

halo pontianak - Kota Pontianak didirikan oleh Sultan Syarief Abdurrahman al-Kadrie 23 Oktober 1771 masehi. Penamaan kota besar ini memiliki berbagai macam versi: pontianak diambil berdasarkan kisah hantu kuntilanak. Pontianak berasal cerita rakyat "Ayunan Anak". Pontianak-dalam bahasa chinese (kuntien), yang berarti pelabuhan atau tempat berlabuh. Ada juga yang menyebut, kata pontianak bermula dari pohon punti.

Terlepas dari apapun muasal pemberian nama pontianak., dalam perkembangannya, Ibukota Bumi Borneo Barat lekat dengan  Tugu Khatulistiwa sebagai simbol kebanggaan. Pemilihan simbol ini karena letak Kota Pontianak yang dilintasi garis 0 derajat (equator),  yang dalam dua kali setahun mengalami titik kulminasi, dimana matahari tepat berada di atas kepala. Karena itulah kota khatulistiwa ini diberi julukan Pontianak Kota Bersinar.

Di Kota Pontianak, Tugu Khatulistiwa telah menjadi destinasi wisata andalan, meskipun 'pengemasannya' masih terbilang monoton dan kurang menarik. Kalau bosan dengan tugu, para wisatawan dapat berkunjung ke Masjid Jami' Sultan Syarif Abdurrahman, Masjid Raya Mujahidin, Gereja Katedral, Rumah Radakng, atau pun ber-selfie ria di Tugu Digulist.

Pontianak terlihat menarik karena memiliki dua Tugu. Yang satu terletak di Jl Ahmad Yani, menuju pusat arus lalulintas kota (Tugu Digulist), dan yang satunya lagi berada di ujung kota (Tugu Khatulistiwa) Jl. Khatulistiwa Pontianak Utara. Pertanyaannya, jika Tugu Khatulistiwa melambangkan Pontianak Kota Bersinar, lantas bagaimana dengan Tugu Digulist?

Beberapa sumber menyebutkan, tugu berwarna kuning-hijau dianggap salah satu monumen bersejarah, dalam perjuangan pemuda meraih kemerdekaan RI. Benarkah demikian?

Kata Digulis sendiri diambil dari kata "Digoel", yakni sebuah tempat di Irian Barat. Dahulu, wilayah ini termasuk dalam kekuasaan Hindia Belanda yang digunakan sebagai tempat pembuangan atau pengasingan tokoh-tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sekarang, daerah ini menjadi sebuah Kabupaten di Papua yang dikenal dengan sebutan "Digul Atas". Kemudian kata digul ditambahkan akhiran -is yang sebenarnya merupakan pinjaman dari suffix bahasa Inggris -ist yang berarti orang atau pelaku. Sehingga kata Digulis merujuk kepada orang yang dibuang atau diasingkan ke Digul.

Siapakah tokoh yang dimaksud? Apakah rakyat Kalimantan Barat dijajah oleh Belanda seperti yang terjadi di Pulau Jawa?Apakah ada distrorsi sejarah dibaliknya?

Tugu Khatulistiwa bisa dipastikan pemaknaannya sebagai penguat julukan Pontianak Kota Bersinar, namun Tugu Digulist? masih diragukan kaitannya dengan keberadaan maupun simbol dari kota yang memiliki sungai terpanjang di Indonesia ini. 

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------    
Sablon Kaos Murah
Blogger Borneo Network

MARICI
Makanan Ringan Cianjur
Pemesanan 0857 9334 3845
   

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Pernah denger memang katanya yugu digulis utk mengenang bbrpa pejuang asal kalbar yg dibuang ke Boven Digul itu,tapi sy pribadi belum baca lebih jauh siapa2 tokoh itu

    BalasHapus
  2. Pernah denger memang katanya yugu digulis utk mengenang bbrpa pejuang asal kalbar yg dibuang ke Boven Digul itu,tapi sy pribadi belum baca lebih jauh siapa2 tokoh itu

    BalasHapus